Wisata Side Land Kolam Renang Perosotan Panjang di Kaduela Kuningan Jawa Barat

Masdinko.com-Pada bulan Agustus 2024 Masdinko berkesempatan mengunjungi kota Kuningan Jawa Barat. Agenda utamanya yaitu mengunjungi anak-anak yang sedang bersekolah di Kuningan, selain itu biasanya kami mencari tempat wisata atau rekreasi keluarga yang cocok untuk orang tua dan anak-anak. Pada kunjungan kali ini kami akhirnya memilih kawasan wisata Side Land Kaduela Kuningan berupa kolam renang, perosotan panjang, ember tumpah dan fasilitas lainnya.

Kami mengawali perjalanan dari Desa Maniskidul Kec. Jalaksana, meskipun sudah beberapa kali mengunjungi Kuningan namun khawatir salah jalan kami menggunakan Google Map untuk menuju Side Land. Berangkat dari Desa Maniskidul kemudian kami belok kiri ke kawasan Linggar Jati dan terus mengikuti jalan utama yang menuju ke arah Mandirancan. Rute ini sudah kami hafal karena tiap ke Kuningan selalu melewati rute Majalengka-Rajagaluh-Sumber-Mandirancan-Jalaksana. 

Wisata Side Land Kolam Renang Perosotan Panjang di Kaduela Kuningan Jawa Barat

Patokannya cukup mudah yaitu kami masuk pertigaan di daerah Mandirancan kemudian belok kiri menyusuri Jalan Pasawahan. Kondisi jalan Pasawahan lumayan baik kemudian belok ke kanan, lalu menyusuri lagi jalan tersebut, dan saat bertemu pertigaan kantor Desa (saya lupa lagi nama desanya), ambil ke kanan yang menuju ke jalan yang menghubungkan ke jalur jalan raya Cirebon-Majalengka. Beberapa meter dari situ ada pertigaan dan kami mengambil Belok Kiri, jalurnya sama dengan jalur menuju Telaga Biru Ciceureum. 

Wisata Side Land Kolam Renang Perosotan Panjang di Kaduela Kuningan Jawa Barat

Nanti akan menemui pertigaan, kami mengambil belok kanan, apabila mengambil jalan lurus maka akan menuju Telaga Biru Ciceureum. Di jalan ini lebarnya agak kecil cuma cukup untuk 1 mobil, jadi apabila di depan ada mobil, kami harus mengalah dulu. Kemudian menyusuri jalan tersebut dan melewati turunan yang lumayan curam dan di sebelah kiri kami akhirnya sampai di pintu gerbang Side Land Kolam Renang.

Wisata Side Land Kolam Renang Perosotan Panjang di Kaduela Kuningan Jawa Barat

Seperti biasa ada petugas penjaga tiket, dengan 5 penumpang (1 anak kecil) dan membawa mobil kami dikenai tiket masuk Rp. 70.000 termasuk parkir mobil. Untuk hari Minggu saya rasa harga tersebut masih normal ya. 

Parkir berada di bawah pintu tiket, tempatnya lumayan luas bisa menampung beberapa mobil, untuk parkir motor dibedakan tempatnya. Ciri khas dari Side Land ini memiliki perosotan panjang melewati jembatan yang menuju ke Kolam Renang dengan kedalaman 80 cm-120 cm, cocoklah untuk anak-anak remaja. 

Wisata Side Land Kolam Renang Perosotan Panjang di Kaduela Kuningan Jawa Barat

Saya coba hitung jumlah kolam renang yang ada yaitu sekitar 6 buah kolam renang dengan kedalaman yang berbeda-beda. Untuk kolam renang anak ada 2 buah dilengkapi dengan perosotan mini, air tumpah dan penyemprot busa, dan lainnya untuk kolam renang remaja dan yang sudah pandai berenang.

Untuk area pengunjung terdapat beberapa buah gazebo untuk berteduh dan juga beberapa area terbuka yang bisa digunakan untuk makan bersama keluarga atau botram. Area atas merupakan yang terluas dan bisa reservasi. Selebihnya terdapat di area kolam renang. Tersedia Mushola, Toilet/kamar ganti di 2 lokasi dekat kolam renang. Buat yang tidak membawa bekal makanan jangan khawatir banyak warung yang berjualan disini.

Untuk kondisi air pada saat kami kesana memang sudah siang jadi air terasa hangat, namun tidak berbau kaporit, yang menandakan airnya memang murni dari air alam. Buat anda yang mau ke sini sebaiknya berkunjung pada waktu pagi atau sore, karena kalau siang lumayan terasa panas nya apalagi saat ini masih musim kemarau. 

Itulah pengalaman kami berkunjung ke Kolam Renang Side Land Kaduela Kuningan Jawa Barat, semoga semakin ramai dan semakin ditingkatkan layanan dan fasilitasnya. Keep learning and sharing.

Post a Comment for "Wisata Side Land Kolam Renang Perosotan Panjang di Kaduela Kuningan Jawa Barat"