Pengalaman Cara Verifikasi Kendaraan di Aplikasi MyPertamina untuk Kendaraan Mobil

Masdinko.com- Pada hari Sabtu tanggal 24 Agustus 2024 seperti biasa saya sekeluarga berkunjung ke rumah Mertua di daerah Talagawetan Kec. Talaga Kabupaten Majalengka. Jarak rumah mertua dengan rumah kami sekitar 25 km an atau sekitar 1 jam perjalanan dengan kecepatan mobil sedang-sedang saja. Karena jaraknya tidak jauh seringkali kami mengisi bahan bakar bensin pertalite di SPBU yang berada di sepanjang jalan menuju ke rumah mertua. 

Melewati Cigasong kemudian menuju ke daerah Maja, dan di daerah desa Kawunggirang saya memutuskan mengisi bahan bakar di SPBU Kawunggirang. Dispenser pertalite untuk mobil terlihat tidak banyak antrian dan siap-siap sudah membukakan lubang Tanki bahan bakar mobil. Saat sudah dekat petugas SPBU bertanya, "ada barcodenya ?" maksudnya Barcode Pertamina untuk kuota pengisian Pertalite. Saya bilang waduh saya baru daftar dan masih proses verifikasi. Berarti belum ada kata petugasnya, silahkan mengisi Pertamax saja. 

Pengalaman Cara Verifikasi Kendaraan di Aplikasi MyPertamina untuk Kendaraan Mobil

Wah ternyata sidah mulai diberlakukan barcode pertalite untuk mobil bensin, ah pasti cuma SPBU ini saja yang memberlakukan barcode untuk mobil bensin. Kemudian saya lanjutkan perjalanan tanpa mengisi Pertamax karena di tangki bahan bakar masih cukup untuk sampai ke Talaga dan di sana ada SPBU juga. Setelah sampai di SPBU Talaga saya inisiatif bertanya dulu, apa harus pakai barcode ? dan petugasnya bilang, iya pak harus pakai barcode. Akhirnya saya mengisi saja Pertamax karena bahan bakar sudah tinggal sedikit

 Besoknya saya langsung mencoba untuk mendaftar barcode pertalite, karena sebelumnya sudah daftar dan verifikasi data sudah berhasil dengan mengisikan data berdasarkan KTP dan kemudian mengupload dokumen KTP, dan akhirnya data pribadi berhasil diverifikasi. 

Untuk data pribadi tidak masalah berbeda dengan nama di STNK ya, tetap bisa membuat Barcode pertalite, Setelah verifikasi data diri berhasil selanjutnya yaitu dengan menambahkan Unit kendaraan yang akan didaftarkan di MyPertamina. Isikan sesuai dengan formulirnya. Yang ditanyakan di Formulir yaitu : 
1. Penggunaan kendaraan : Pribadi/Usaha
2. Nomor Polisi kendaraan
3. Nomor Rangka

Kemudian klik langkah selanjutnya, apabila data kendaraan sudah ditemukan kemudian ada menu untuk mengambil foto STNK (Depan dan Belakang) dan foto kendaraan yang harus terlihat nomor polisinya dan jumlah rodanya. 

Untuk foto STNK harus diambil langsung oleh kamera Handphone/laptop, tidak bisa mengupload file foto yang telah diedit sebelumnya karena tidak ada menu Pilih Gambar/Foto, cuma ada menu Ambil Foto saja.

Untuk foto mobil bisa menggunakan foto yang sudah diambil sebelumnya karena ada menu Pilih Foto/Gambar dan ada juga menu Ambil Foto, jadi bisa 2 cara untuk memfoto kendaraan atau mobil.

Saya kemudian coba namun ternyata Verifikasi Ditolak, dan verifikasi Ditolak ini terjadi beberapa kali. Saya kemudian bertanya ke teman saya yang bekerja sebagai Supervisor SPBU, dan dia menginformasikan berikut, itu penyebabnya verifikasi ditolak karena fotonya tidak terbaca oleh sistem, kemudian teman saya memberikan contoh fotonya yang benar seperti di bawah ini :

Foto yang benar untuk foto STNK saat verifikasi barcode MyPertamina

Pengalaman Cara Verifikasi Kendaraan di Aplikasi MyPertamina untuk Kendaraan Mobil

Untuk memfoto STNK posisikan kamera lebih dekat, dan bisa terbaca hurufnya oleh kita sendiri, kemudian langsung jepret saja. 

Kemudian untuk cara memfoto kendaraan mobil agar lolos verifikasi MyPertamina yaitu sebagai berikut :

Pengalaman Cara Verifikasi Kendaraan di Aplikasi MyPertamina untuk Kendaraan Mobil

Intinya foto yang dibuat bisa terbaca plat nomornya dan rodanya juga bisa terlihat oleh kita. Akhirnya saya praktekan petunjuk tersebut di atas. 

Alhamdulillah setelah beberapa menit, akhirnya ada email masuk yang isinya menginformasikan bahwa pendaftaran mobil untuk mendapatkan barcode MyPertamina sudah Berhasil. Saya download barcode tersebut dan disimpan di handphone serta saya Print juga untuk disimpan di mobil barangkali HP tidak saya bawa saat mengisi bensin pertalite di SPBU.

Demikian cerita dan pengalaman saya berhasil mendaftarkan barcode MyPertamina untuk mobil Avanza, sekarang ggak usah was-was mengisi bensin pertalite. Silahkan teman-teman coba dalam mendaftar barcode di MyPertamina. Keep learning and sharing.

Post a Comment for "Pengalaman Cara Verifikasi Kendaraan di Aplikasi MyPertamina untuk Kendaraan Mobil"