Tips Sukses Affiliator Tiktok Pemula Dapat Komisi Besar di Tiktok

Masdinko.com - Bagi anda yang sering menggunakan aplikasi Tiktok pasti mengetahui kalau aplikasi Tiktok tidak hanya sekedar aplikasi media sosial, untuk hiburan ataupun untuk lucu-lucuan saja, namun banyak fitur dari aplikasi Tiktok yang bisa menghasilkan uang dan cuan. 

Membuat konten di Tiktok bisa juga menghasilkan cuan salah satunya dari saweran para follower, ataupun dengan membuka toko online atau menjual barang di Tiktok yang saat ini bergabung dengan Goto (Tokopedia) anda bisa juga menghasilkan uang atau penghasilan. 

Selain itu ada juga fitur dari Tiktok yang bisa jadi peluang bagi anda untuk mendapatkan uang dan cuan, namun tidak perlu memiliki produk dan tidak perlu juga menampilkan wajah kita di video Tiktok karena mungkin sebagian dari kita ada yang introvert atau pemalu :). 

Fitur dari Tiktok tersebut yaitu menjadi Affiliator Tiktok. Affiliator yaitu orang yang mempromosikan produk orang lain melalui video dan melalui Live (tontonan langsung) dimana ketika ada yang membeli produk yang kita promosikan dan sukses terkirim ke pembeli, kita akan mendapatkan komisi. Besaran komisi berbeda-beda tergantung dari produk, harganya dan juga seller dari produk tersebut. 

Jadi tugas dari Affiliator Tiktok ini yaitu membuat video produk secara efektif yang bisa menarik penonton video akhirnya melakukan pembelian melalui video kita tersebut. Salah satu cara lainnya yaitu dengan melakukan Siaran Langsung (Live) saat anda mempromosikan produk tersebut. 

Berbagai macam produk dapat anda promosikan karena banyak produk yang tersedia di marketplace Tiktok, namun perlu diingat terdapat aturan-aturan dari Tiktok mengenai produk salah satunya yaitu produk yang dipromosikan harus sama dengan produk yang dijual oleh seller yang produknya kita promosikan, artinya kita harus memiliki sample atau contoh produknya.

Tips Sukses Affiliator Tiktok Pemula Dapat Komisi Besar di Tiktok

Bisa juga anda mempromosikan barang atau produk yang dimiliki di rumah misal produk bumbu masakan, sabun atau lain-lain, intinya yang kita miliki saja coba untuk dipromosikan sehingga tidak perlu keluar uang dulu.

Cara mendapatkan uang Sebagai Affiliator Tiktok

Untuk menjadi affiliator Tiktok anda harus mendaftar dulu sebagai affiliator Tiktok, untuk caranya silahkan cari di Youtube, cukup mudah koq. Saya belum sempat untuk menulisnya disini.

Setelah akun affiliatornya jadi, jaga baik-baik dan ikuti aturan Tiktok karena sekarang lagi ketat, rawan kena banned kalau ada pelanggaran. Modal sebagai affiliator Tiktok modal HP dan kuota saja, sudah bisa upload produk punya orang lain dan mendapatkan komisi kalau terjual.

Kelebihan sebagai affiliator Tiktok yaitu :

1. Tidak perlu beli produknya untuk membuat video promosi 
2. Tidak perlu edit video yang rumit
3. Tidak perlu reupload video karena tidak disarankan

Berikut akan saya uraikan tips sukses mendapatkan orderan sebagai affiliator Tiktok. Tips ini saya dapatkan dari seorang affiliator yang sudah berhasil dan menshare nya di media Telegram. Saya share ulang agar banyak orang yang bisa mendapatkan manfaat dari informasi yang beliau bagikan. 

Berikut tips awal affiliator Tiktok

1. Setting akun tiktok khusus untuk jualan produk affiliasi saja

Akun tiktok anda sebaiknya hanya berisi konten produk-produk affiliasi saja, yang anda promosikan melalui Video Tiktok (VT) atau melalui Live. Jangan dicampurkan dengan konten hiburan joget anda atau konten anak-anak anda. Kalau sudah terlanjur banyak video hiburan sebaiknya dihapus ataupun kalau sayang banyak video kenangan, maka di privacy saja.
 
Kalaupun anda merasa sayang karena video-video hiburannya banyak yang fyp maka sebaiknya anda membuat akun baru tiktok yang khusus untuk bermain affiliate, sehingga konten nya lebih fokus dan niche nya khusus untuk produk afiliasi saja.
 

2. Membuat Video tanpa harus punya produknya

Maksud membuat video tanpa harus memiliki produknya yaitu dengan menggabungkan video, ditambah dengan screenshot foto produknya, ditambahi dengan caption yang hook atau menarik dan membuat penasaran yang menonton. 
 
Dalam membuat video ini diperlukan video background Ori + Foto Produk + Kata-kata/caption Hook. Video background jangan mengambil dari video orang lain, caranya cukup anda rekam pemandangan atau view yang menurut anda menarik. 
 
Video bisa diambil melalui aplikasi tiktok ataupun disimpan dulu di HP yang penting asli buatan sendiri. Untuk editing (menggabungkan video dan foto) dikerjakan di aplikasi Tiktok nya langsung sekalian dengan menuliskan caption dan backsound (musik). Untuk musik pilih yang viral di tiktok asal jangan yang lagu berhak cipta.
 
Cara Membuat Background Ori 

Yang paling mudah yaitu merekam pemandangan sekitar. Namun kalau anda tidak pernah keluar rumah, bisa menggunakan cara ini :

  1. Buka kamera Tiktok, kamera ditutup sehingga berwarna hitam, putar sampai 7-10 detik.
  2. Rekam pemandangan sekitar
  3. Rekam seadanya misal produk mainan anak, rekaman video anak, tanpa harus memperlihatkan wajah, cuma untuk bahan mentahan background saja


Untuk foto produk bisa dengan cara berikut :

  1. Kalau produk baju atau fashion bisa screenshot, potong bagian gambar saja lalu digabungan dengan video background tadi.
  2. Untuk produk lain seperti produk perawatan, bisa dengan mencarinya di bagian ulasan pembeli, cari foto yang kualitasnya bagus, seolah-olah kita pernah membelinya.
  3. Kalau sudah punya modal bisa dengan membeli produk tersebut dan fotokan sendiri.
  4. Mencari foto produk yang sama di platform shopee dan cari foto dari ulasan pembelinya.


Cara Membuat Kata-kata Pancingan (Hoox)


Kata-kata pancingan ini tidak sama dengan kata-kata dengan gaya hard selling. Tujuan caption hoox ini yaitu agar penonton mengklik keranjang namun tanpa kita harus memaksa atau menyuruhnya.

Contoh kata-kata yang terlalu memaksa penonton :

  • ini skincare bagus banget buruan dibeli
  • langsung dibeli aja mumpung lagi didiskon
  • Kata-kata ini lebih cocok digunakan oleh seller yang sudah punya customer yang loyal dan memang produknya sudah dikenal luas.


Contoh kata-kata pancingan (hoox) yang bisa pemula buat untuk video nya :

  • tempatkan kata diskon
  • 30rb dapat sebanyak ini
  • nyesek baru tahu produk sebagus ini
  • lagi error produk sebagus ini harganya cuma sekian
  • Masyaa Allah semenjak pake ini misyua makin cinta katanya makin syempit
  • pliss ternyata ini rahasianya lipatan ketiak orang-orang pada cerah dan bersih.


Itulah beberapa contoh kata-kata pancingan (hoox) agar orang tidak hanya sekedar lihat produknya saja tapi penasaran sama manfaat produknya atau rasa produknya.

Kalau bisa buat kata-kata pendek saja yang mudah dipahami, jangan terlalu panjang lebar.

Waktu Posting Video

Waktu posting video sebaiknya 2-3 kali dalam sehari agar terhindar dicap sebagai aktivitas spam.  Usahakan tiap hari posting 1-2 kali posting. Posting videonya di waktu yang tepat yaitu :

Kalau pagi biasanya jam 09.00-10.00 WIB
Kalau siang biasanya jam 13.00-15.00 WIB
Kalau malam biasanya jam 19.00-21.00 WIB

Waktu-waktu tersebut sudah disesuaikan dengan target audience yaitu Perempuan, karena biasanya banyak yang beli dari Tiktok itu yaitu kaum perempuan.

Demikian postingan kali ini mengenai Tips Sukses Affiliator Tiktok Pemula dapat Komisi Besar di Tiktok, semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.

Post a Comment for "Tips Sukses Affiliator Tiktok Pemula Dapat Komisi Besar di Tiktok"